Jumat, 06 September 2013

PENDAKIAN GUNUNG RINJANI 3726 Mdpl


Gunung Rinjani 3726 Mdpl

"Sebuah perjalanan mengajarkanku banyak hal … arti hidup, persahabatan, keluarga, dan yang terpenting adalah rasa syukur kita kepada Sang Pencipta akan indahnya panorama yang Ia berikan untuk dinikmati. Sebuah pengalaman adalah satu hal yang pasti, guru dari semua guru, yang membuat kita belajar lebih mengerti akan sebuah jati diri dan bagaimana seharusnya menjalani hidup ini" …

22 Agustus 2013 perjalanan itu dimulai … sebuah petualangan menantang mimpi, mewujudkan angan, menyalurkan hasrat penuh dengan tujuan, bukan hanya keinginan tapi ini adalah sebuah tantangan, mencoba menikmati puncak tertinggi ke-3 di Indonesia 3726 Mdpl Gunung Rinjani menjulang dengan gagahnya. Puncak tertinggi di kepulauan Lombok dan merupakan Puncak tertinggi ke-3 di Nusantara bumi pertiwi setelah Puncak Cartenz Jaya Wijaya di Papua dan Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

image

My Photos “Rinjani 3726 Mdpl”…


Solo, 22-Agustus-2013

image

Stasiun Solojebres …

Pagi buta itu gua udah packing semua barang buat pendakian kali ini brur, bersama temen gua panggil aja Rheza Surya kita berangkat dari stasiun Solojebres kota Solo “yap gua berangkat cuma berdua!!!!”. Kita bakal ajojing naik kereta super VIP alias ekonomi tapi AC “Sri Tanjung” jurusan Solo-Banyuwangi, tiket itu kereta murah kok brur cuma Rp. 90.000,00 aja dan lu udah tinggal duduk manis nyampe berkarat di kursi tegap kereta ekonomi ini, soalnya lu harus duduk sampe 12 jam perjalanan “lumayan bikin pantat tepos lah”. Jangan lupa, kereta ini tuh kereta jurusan Jogja-Banyuwangi yang adanya cuma jam 07.00 pagi dari jogja dan sehari cuma sekali lohhh, jadi jangan jangan sampe keabisan tiketnya dan jangan sampe ketinggalan ini kereta karna kesiangan.

image

Penumpang kereta …

Sepanjang perjalanan yang gua bisa lakuin adalah nonton pertunjukkan bocah-bocah yang pada maen sama emaknya, yang jelas bocah-bocah itu adalah hiburan utama di menu televisi kali ini. Hahahaha. Dan yang bisa gua lakuin di kereta adalah makan … tidurrr … makan … godain cewek … tidurr … godain cewek … sambil tidur … ”jadi gua godain ceweknya cuma dalem mimpi doang #etdahhh” -__-)

image

Kelakuan bocah masa kini -_-) kalau belum kayang gak akan tidur!

Sekitar pukul 21.00 kita sampe di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, dan nyeberang sejenak naik Ferry dari Ketapang ke Gilimanuk. Lu cuma perlu bayar Rp. 6.500,00 buat 1 tiket/orang yang bakal ngebawa lu dari Pulau Jawa menuju Pulau Dewata Bali.

image

Sahabat dari Jurusan Hukum yang hendak berlibur ke Bali …


imageKapal Ferry at The Night …

Gilimanuk, Bali 23-Agustus-2013

Ferry itu mempertemukan gua dengan makhluk-makhluk aneh bin ajaib dari jurusan kelautan yang punya tujuan sama yaitu mendaki Gunung Rinjani di Lombok, maka dari itu dari pada gua ngedaki gak jelas akhirnya gua mutusin buat gabung sama mereka, sebut saja Pimpinan gak jelas “Olid”, Boyband impor dari Korea “Odi”, Kupluk patah hati “Bakong”, dan Si Mata Elang “Ziad” dan ada satu orang lagi cuma dia gak ngedaki bareng kita, seorang backpacker Indonesia, agak tua sih orangnya … hahaha, sebut saja abang Aan.

Asal lu tau brur, baru juga kita turun dari kapal ferry, Calo atau kata halusnya “Sang Pemandu Wisata” langsung ngegerumutin kita dengan bualan dan tawaran manisnya dan sedikit memaksa mereka menawarkan jasa angkutan “hualahhh … bodo amat dah !” sambil kita jalan terus menuju terminal Bus Gilimanuk kita terus digerumutin pemandu wisata, dan akhirnya kita nego di dalam terminal sama salah satu pemandu wisata disana, dan akhirnya done kita dapet harga tiket Rp.50.000,00/orang bus Ac dari Gilimanuk menuju Padang Bai “Cabutttt mangggg !!!”. Sekitar pukul 02.30 WITA kita berangkat menuju Padang Bai sedangkan temen dari Hukum dapet tiket bus Rp.35.000,00 menuju Ubung.

image

Bus Gilimanuk-Padang Bai …

image

Putu “Anak Ajaib dari Bali” …

image

Pelabuhan Padang Bai …

Akhirnya setelah beberapa jam perjalanan kita sampe juga di Padang Bai. Pelabuhan eksotis ini merupakan penghubung antara Pulau Dewata dengan Pulau Lombok, makanya kita harus naik Ferry lagi selama 4 jam dan lu harus bayar tiket Rp.40.000,00/orang. Setelah beli tiket, gak lama kemudian kita langsung naik ke kapal ferry buat langsung berlayar “ceilehhhhhh”.

image

Kapal Ferry dan Fast Boat Padang Bai …

image

Pelayaran dimulai …

Gua kira perjalanan ini bakal ngebetein brur … 4 jam di ferry kan, terombang ambing sama kapal yang gedenya segede tongkang. Tapi lu gak boleh berasumsi buruk gitu dong, belum juga ngeliat dalemnya masa udah ngejust gitu aje. Setelah ditelaah dan di teliih, ferry ini punya ruangan VIP gratis, kalau gua bilang sih ini tempat udah kayak macam bioskop gitu deh brur. Lu bisa nonton film gratis dengan ruangan Ac dan tempat duduk yang bisa dipake buat tiduran, cuma satu yang kurang … kantin disana kagak jual popcorn sama soda gembira -_-). Gak nanggung-nanggung sob, film yang disajikanpun kelas dunia, salah satunya adalah Ada Apa Dengan Cinta dan Iam Eiffel In Love … hahahhaa, film Romantis garapan asli Indonesia ini membuat semua penumpang cengo menikmati part demi part, dari mulai anak bayi, remaja, anak alay, ibu-ibu sampe bapa-bapa, emang jago dah itu nahkoda bisa bikin semua orang diem. Tak lama kemudian semuapun tertidur dan 4 jam pun berlalu akhirnya kita sampe di Lembar Lombok. Yeayyyyyy.

image

Atap Kapal Ferry …

image

Tuhkan !!! Pada anteng nonton Film … hahaha.

image

Pelabuhan Lembar …

Lembar, Lombok 23-Agustus-2013

Sesampainya turun di Pelabuhan, kita langsung di gerumutin Pemandu Wisata lagi brur … “mau ke mana de? Aikmal kah atau ke Senaru? … ayo naik mobil saya saja cuma 135 ribu/orang” pemandu bertanya dengan kemayu, dalam hati gua bergumam “mamakmu, mahal pisan eta mah kehed”. Akhirnya kita jalan sejenak dan itu bapa-bapa terus ngebuntutin kita sambil maksa-maksa manja -_-) dan akhirnya kita berhenti buat nego … “emang maunya berapa harganya?” bapanya mulai mau nurunin harga nih brur, tanpa pikir panjang dan gua udah males di Lembar ini, akhirnya tercelepet kata nilai Rupiah yaitu Rp.50.000,00/orang sampe Aikmal, padahal kalau 45 atau 40 dia juga pasti mau, tapi yasudahlah yang penting kita cepat sampai. Akhirnya deal tercapai kesepakatan dan kita berangkat menuju Aikmal.

Ada julukan unik nih brur dari Pulau Lombok, yaitu Kota "1000 mesjid". Lu bayangin aja mesjid disana bener-bener gede-gede banget dah, dan anehnya lagi jarak dari satu mesjid dengan mesjid yang lain gak lebih dari 200 meter. Katanya sih pembangunan mesjid ini mendapat donasi langsung dari Arab Saudi sebagai sponsor utama pembangunan di Kota Lombok. Yahhh semoga Lombok menjadi kota yang aman, tenteram dan nyaman untuk para wisatawan lokal dan mancanegara.

image

Salah satu mesjid di sudut kota Mataram … “Megah ya …”


Setelah beberapa jam perjalanan akhirnya kita sampai juga di Aikmal. Disini kita membeli beberapa logistik untuk kebutuhan pendakian. Dari Aikmall kita harus segera menuju Sembalun, yaitu salah satu basecamp Gunung Rinjani yang letaknya lumayan jauh dari Aikmal. Mau gak mau gua dan yang lain naik mobil pick up alias bak terbuka menuju Sembalun, dan ongkos kesana itu udah mutlak brur, Rp. 20.000,00/orang jadi lu gak usah pake acara nawar lagi.

Sesampainya di sembalun lu bisa langsung daftar di basecamp pendakian, harganya juga murah banget dah yaitu Rp.2.500,00/orang. Oh iya buat nginep malam itu lu tinggal milih dah, mau tidur di basecamp yang gede banget itu, mau tidur di homestay, atau ngecamp di lapang bola, lah pokoknya itu tergantung selera. hehehhee. Kebetulan waktu itu kita nginep di kenalannya komandan olid di salah satu rumah warga gitu deh. Alhamdulillah kita bisa bersih-bersih dan prepare semuanya, tinggal makan dan tidur …

Sembalun, 24-Agustus-2013

Sebenernya semalem itu kita sepakat buat bangun jam 5, shubuhan terus berangkat. Fakatanya adalah semua orang tertidur pulas, hahahaa maklum pada kecapean dan kita baru bangun sekitar jam 08.30 WITA. Abis itu kita langsung prepare, packing, dan abis itu kita pamitan sama bapak itam yang sudah baik hati menampung kami ber-6. Keronconganpun melanda pagi itu, akhirnya gua dan yang lain mutusin buat sarapan ditempat semalem kita dinner, wkwkwk gayaknya dinner. Asal lu tau brur dan gak usah kaget, makanan disini murah dan lengkap dah, dari mulai karbohidrat, protein dan tektek bengek makanan ada disini. Cuma dengan kocek Rp. 15.000,00 lu udah dapet Nasi+Ayam+rendang+tempe+sambel+minumairputih.

image

Waroeng Kedai Bambooo …

image

Bonafiti … :)

Perut kenyang dan tenaga udah siap tempur nih brur. Akhirnya kita langsung cabs ke pintu utama pendakian, yaitu gerbang Sembalun. Nah ! ada dua opsi yang bisa lu pilih nih, mau motong treking sampe 1 jam tapi harus bayar 5 sampai 15 ribu dianter engkel atau truk sampe titik awal pendakian, atau mulai jalan dari gerbang ini, itu adalah pilihan. hehehe. Akhirnya gua dan temen-temen kagak mau ngeluarin kocek lagi jadi ya mau gak mau kita harus jalan, maklum brur ini adalah pertama kali gua pergi ke Gunung ganteng ini, istilahnya sih gua harus nikmatin banget dah ini tempat.

image

Gerbang Perjuangan …


Sekitar pukul 09.15 kita mulai berangkat melangkahkan kaki, melaju menuju puncak Rinjani, dengan penuh keyakinan dan do’a kita bersama saling menguatkan “lebay banget ya” … hahaha, yang jelas gua sama temen-temen bener-bener jalan kaki dari gerbang Sembalun menuju bukit teletubis.

image

Awal Pendakian, jalannya masih aspal … “dan itu bukan Puncak Rinjani !!!”

Sepanjang perjalanan menuju pos 1 lu bakal nemuin bunga-bunga cantik sejenis bunga matahari, bunga nusa indah, dan kicauan burung yang merdunya bikin laperrrr “apa hubungannya woy !!!” … Sejam berjalan akhirnya kita sampe juga dititik terakhir mobil bisa lewat, dan pendakian sebenernya baru dimulai nih brur.

image

Bunganya lagi pada mekar :*

image

Treknya masih panjang … Selow aja brur !!!

Kali ini trek yang harus lu laluin adalah perbukitan dengan sabana yang super panas, maklum hari udah mulai siang dan pendakian kali ini Rinjani emang lagi musim kemarau, jadi bisa lu bayangin panasnya kayak gimana, dan nyari air susah disini makanya lu harus hemat tuh air.

image

Udah mulai pada kecapean, hahaha …

Walaupun panas, pemandangan disini bisa jadi obat mujarab yang bikin lu tetep semangat, pokoknya panorama yang disuguhkan ini gunung bener-bener ajip dah, ditambah lagi angin sepoy sepoy yang seliwir-seliwir menghembus ke tubuh kita, asikkk coyyy sepoy angin bikin sempoyongan dahhhh …


image

Naik Turun Bukit teletubis -__-)

image

Ayo jalan terus jalan lagi …  !!!

Menurut gua sih ini bukan bukit teletubies melainkan bukit PHP, teruslah naik bukit turun lagi, bukit lagi, turun lagi, lagi dan lagi -_-), kagak orang kagak bukit, sama-sama PHP #eh “gak boleh gitu raf, makanya jadi orang jangan kegeeran #hoalahhh”. Langkah demi langkah gua terus jalani, akhirnya kita sampe di jembatan runtuh, dan disana banyak material hasil dari lahar dingin, berupa bongkah batuan lepasan.

image

Batu dan batu …

image

Sapinya lucu brur … hahaha.

Oh iya, Kalau kata olid the legend of angg bentar lagi kita bakal sampe di pos 1, dan jaraknya deket gitu deh brur sama ini jembatan rusak, okelah fix kita nambah semangat … dan faktanya adalah jarak dari situh ke pos 1 itu lumayan jauh pak lek -__-) ok semangat jangan ngeluh. Dan gak lama kemudian akhirnya kita sampai juga di pos 1 “Alhamdulillah”.

image

POS 1 Sembalun … “Nonton Wayang Golek” …

Di pos 1 kita istirahat sejenak sambil nonton pertunjukkan wayang antara bule sama tourguidenya, pokoknya kocak dah itu bule bisa dibecandain abis-abisan sama itu tourguide. Oh iya ada satu fakta unik lain dari Rinjani, yaitu keberadaan super-man alias PORTER. Mereka bertugas membantu membawakan barang pendaki dan lebih dari itu pula selain barang dan logistik mereka juga bisa masakin buat kita yang memakai jasanya. Gak tanggung-tanggung seorang porter bisa ngangkut 20 sampai 30 Kg barang dan logistic di dalam ranjang yang ia pikul, emang edanlah ini orang, tapi gua salut sama mereka, berjuang demi hidup dan menyenangkan orang lain, TOP lah bapak-bapak dan temen-temen Porter ini. Tapi jangan salah loh, mereka bawa barang itu bukan cuma-cuma tapi ada taripnya, biasanya tergantung barang dan logistic yang akan dibawakan dan tarifnya itu sekitar Rp.150.000,00 sampai Rp.250.000,00 / hari nya. hehehhee lumayan kan kalau pake porter.

image

Itu Porter dan itu Ziad #beda kan !!!…

Tak jauh dari pos 1 kita bakal nemuin pos 2, dan disana kita bisa ngisi botol minum yang kosong, soalnya disana ada salah satu mata air yang bisa langsung dikonsumsi. Cuma, satu hal yang disayangkan brur, lokasi ini bener-bener kotor, air minumnyapun gak terlalu bersih, tapi mau gimana lagi, persediaan air minum udah menipis, yang penting jangan sampe dehidrasi dah.

image

Pos 2 Sembalun …

image

Itu mata airnya brur, kecil ya …


Setelah beristirahat sejenak dan ngemil-ngemil kita lanjutkan perjalanan menuju pos 3, yang katanya sih sekitar 3 jam dari pos 2 ini, tapi yasudahlah mari kita nikmati pendakian ini. Lagi-lagi padang sabana yang sedikit menanjak, hahaha lumayan bikin kaki gempor. Tapi tetep brur pemandangan indah yang selalu bikin lu semangat, dan hal lain yang bikin gua semangat adalah Bule-bule cantik, semok, dan wangi pada ngedaki, asikkk dah jadinya pemandangan yang lumayan bikin hebring. Hahahaha.

image

Padang Teletubies belum berakhir …

image

Istirahat Sejenak melepas lelah …

Berhubung udah sore dan kondisi badan udah capek banget karna harus jalan seharian, akhirnya kita memutuskan buat ngecamp di pos 3 sambil nyiapin buat makan sore nih brur, ngopi dan ngeteh sejenak yang bikin badan tambah seger. Dan ternyata banyak juga yang ngecamp di tempat ini.

imageTempat Ngecamp nih brur …

Malampun tiba, dan malam itu gua begitu tersepona ngeliat ribuan bintang dengan galaksi yang menerangi gelapnya langit, romantis banget dah … cuma sayangnya gua gak ngedaki sama seorang wanita, gua ngedaki sama 5 batangan -__-) oalah. Tapi malam itu bener-bener ajip dah, dan kamipun tidur nyenyakkkk …


image


Freedoommmmm …

image


Beautifulll Stars …


image

I Love It …


image


Galaxy …

Sabana at The night …

POS 3 Sembalun, 25-Agustus-2013

Pagi buta itu kami bangun dan bergegas memasak, menu pagi ini cukup mantap, nutrijell ditemani dengan nasi yang digoreng, hahaha tepatnya itu nasi udah kayak uli goreng, tapi yang penting itu jadi sumber tenaga pagi itu, karena setelah ini kita bakal ngadepin “Tanjakan Penyesalan”… hahaha, dan lu bakal tau kenapa ini trek dibilang penyesalan sama semua pendaki. Soalnya ini trek itu udah terjal treknya, tanahnya berdebu pula, makanya jangan lupa bawa masker dah kalau dak mau mamam pasir Rinjani.

image

Terjal dan berdebu …

image

Bukit PHP, naik-turun-naik-turun -_-) kagak nyampe-nyampe.


Berjam-jam gua ngedaki, tapi tetep aja kagak nyampe-nyampe … yang bikin gua enek adalah debunya yang masuk mulut, apalagi kalau ada orang yang turun dari plawangan sembalun sambil lari, etdaaah itu debu pada muncrat masuk mulut dan bikin mata perih, cuma ya gimana lagi … ini adalah bagian dari perjuangan …

image


Tancap Gas …

Akhirnya satu puncak lagi brur ! hampir sampai di plawangan sembalun tempat kita bakal ngecamp, dan suasana hening sejenak saat gua ngeliat bocah yang mungkin umurnya baru 9 tahun gak ada capeknya turun dari plawangan sembalun. Dari sini gua belajar Capek itu cuma emosi sesaat, tetep kontrol hati sama pikiran lu … Ubah mainsett dan terus mendaki dengan semangat membara raih puncakNya bersama-sama”

image


Cah Cilik dari Lombok …

Akhirnya sampe juga di Plawangan Sembalun brur, dan tempat ini bener-bener ajip dah. Disini juga terdapat mata air yang lumayan besar dan bersih, selain lu bisa minum, lu juga bisa mandi disana … hahaha, makanya kemaren gua sempet tuh mandi dua kali di mata air dengan cuman pake sempak doang #eh “Jangan Dibayangin ok” #lewaaatttt.

image


Mata Air Pos Plawangan Sembalun …

Sore itu tempat camp kita sebelahan sama abang-abang baik hati dari lombok, mereka adalah bang tung, bang ferry, dan bang bima. Kebetulan mereka bawa tembakau khas lombok yang bikin anak-anak kegirangan buat mencoba, hahaha kalau gua sih kagak akan nyoba-nyoba. Tapi kalau kopi lomboknya gua cobain brur, dan itu emang sadapp lah … kental dan nikmat pokoknya. Sore itu kita ditemani senja dengan awan yang menyelimuti gunung yang ada di hadapan kita, cantik dan mempesona.

image

Sunset dan Awan …


Plawangan Sembalun, 26-Agustus-2013


Jam 2 malam itu gua dan teman-teman langsung siap-siap brur buat mencapai puncak tertinggi gunung Rinjani, segala macam peralatan kita pake, dan gua sendiri udah siap dengan sarung tangan super tebal, kaos kaki dua lapis, jaket 2 lapis, cidung kepala, helmet, masker, dan air minum satu botol 600 ml. Pokoknya udah siap tempur deh dengan trek yang bener-bener rese ini, penuh dengan pasir, keraka, berangkal, dan bongkah yang lepasan. Yang jelas pendakian kepuncak itu bener-bener pengalaman yang absurd deh brur, maju satu langkah lu bisa mundur dua langkah, terus dan terus. Tapi akhirnya dengan semangat kebersamaan gua, bakong, odi, dan ziyad berhasil mencapai puncak kenikmatan Gunung Rinjani 3726 Mdpl … MERDEKA !!!!

image

Alhamdulillah …

image


Ini baru Sunriseee …

image


Indonesia itu Luar Biasa …  !!!image


Sunshine …

image


Freeze …

image


From France …

image

Berkibarlah Merah putihku … Bersama Bang Fikri dan Bang Iwan.

image

Bakong,Ogut, Ziad, Odi …

"Indonesia itu Indah banget brur, percaya deh sama gua !!!, alasan Allah menciptakan segala keindahan tak lain adalah supaya kita lebih bersyukur akan ciptaanNya dan supaya kita berjalan dan menikmati keindahan AlamNya … Maka jangan ragu untuk terus menjelajah bumi ini, dan satu yang penting dalam sebuah perjalanan, yaitu do’a yang tulus" …

Sebenernya gua pengen berlama-lama di puncak ini, memandangi semuanya dari atas. Tenang, nyaman, dan rasa sejuk itu menyentuh jiwa. Gua gak pernah mimpi buat bisa sampe dipuncak ini, tapi yang jelas gua punya kemauan, usaha dan do’a buat sampe di puncak Rinjani ini … 3726 Mdpl.

image

Sagara Anak dari Puncak Rinjani …

image

I Love You Ayah dan Ibu :*

Setelah puas di puncak Gunung Rinjani gua bergegas untuk turun gunung, melewati trek yang sama cuma bedannya sekarang gua turun bukan naik lagi. Gua berasa ski diatas pasir brur, srotttt …. srottt … begitu menyenangkan, sembari menikmati pemandangan yang disuguhkan sepanjang perjalanan. Gak lama kemudian sampe deh di plawangan Sembalun, Alhamdulillah. Setelah itu gua langsung bersih-bersih mandi di sumber air sama ziyad sama odi, yang penting badan seger dah brur walaupun airnya udah macam cairan es kutub utara, dingginnnn pisaannnnn.

image

Pendekar dari Timur…

image

Ini dia trek semalam … memang luar biasa !!!

image

Kurang lebih kayak gini lah pasirnya …

image

Trek menuju puncak !!! Sempittt brur …

Perjalanan ini belum kelar, karna kita harus segera menuju Sagara Anak. Danau ganteng ini berada di tengah-tengah puncak gunung Rinjani dan lu harus berjalan 5 jam dari Plawangan Sembalun e. Sebenernya dulunya ini merupakan kaldera dan belum berbentuk danau. Sejak gunung Rinjani erupsi ratusan tahun silam muncullah anak rinjani ditengah kaldera yang membuat kaldera kini bukan lagi kaldera, melainkan danau sagara anak.

image

Awas !!! banyak onyet di Plawangan Sembalun, save your goooddss!!! …

Uniknya adalah danau ini banyak ikannya brur, makanya banyak orang mancing disini, bakar ikan, atau bisa sampe bawa pulang. Katanya dulu ikan-ikan itu ditanam oleh Alm. Bpk Jenderal Soeharto yang ditebar di danau sagara anak ini, tumbuh dan berkembang biak dan tak habis hingga sekarang. Makanya kalau kesini lu harus bawa pancingan, atau enggak pinjem sama warga atau orang yang bawa pancingan.

Kita mutusin buat ngecamp semalem di Sagara anak. Oh iya, asal lu harus tau waktu itu gua bawa pancingan, tapi jujur gua gak bisa mancing -_-) tapi gua gak mau nyerah gitu aja, gua belajar sama bang oji buat mancing, dan sama bapak yang baik hati buat ngajarin gua mancing. Sejam menunggu gua tetep gak dapet, dan akhirnya gua dibantuin sama bang oji dkk, terus dikasi sama bapaknya, terus dikasih lagi sama bang tung, alhasil ikan gratis siap dibakar. Alhamdulillah.

Malam itu juga gua diajakin buat mandi air panas di belakang danau sagara anak, dan bener bener dah itu tempat ajipp banget. Udah air panasnya enak, masih freshhh, ditambah lagi gua bisa nikmatin bintang-bintang sambil berendem, cantiknyoooo …

image

Gunung Rinjani 3726 Mdpl …

Sagara Anak, 27-Agustus-2013

image

Sagara Anak At The Morning …

Pagi itu kita masak dan langsung packing persipan buat balik lewat jalur Senaru, dan mau gak mau kita harus naik gunung lagi -_-) lumayan lah pokoknya. Kita ninggalin Sagara Anak sekitar pukul 09.00 WITA dan harus melanjutkan perjalanan yang lumayan panjang. Setelah 3 jam kita baru sampe di Plawangan Senaru, istirahat sejenak dan menikmati pemandangan yang mantap tap top pokoknya.

image


Panorama dari Plawangan Senaru …

Tak lama setelah itu kita langsung ngegasss lagi menuju basecamp dan harus ngelewatin 3 pos lagi di trek Senaru, kali ini kita bakal ngelewatin jalur berdebu dan hutan yang masih alami. Waktu itu gua berangkat duluan soalnya kita lari gitu deh. Pas udah lewat pos 3 kaki tetep ngebut, pas lari ke pos 2 gua ngerasa banyak yang nemenin gitu deh padahal waktu itu gua sendirian, yang jelas gua selalu berharap ada bule yang lagi naik lewat trek ini, jadi gua gak berpikir aneh aneh. Untungnya setiap 20 menit sekali ada yang nanjak, jadi gua gak ngerasa kesepian.

Lari dan terus berlari, sampai juga di pos 2 … disini gua mutusin buat ngambil air minum, tapi kalau lu mau ngambil minum disini usahain lu harus gali pasir dulu buat dapetin air yang jernih dan layak konsumsi. Tak lama kemudian gua langsung cabs sama odi, olid, dan ziad sama sama menuju pos 1 dan basecamp. Akhirnya sekitar pukul 16.30 WITA kita sampe di Basecamp Senaru punyanya bapak Sa’ad. Disini lu bisa menginap sementara dengan gratis dan makan dengan harga yang murah. Yang gua beli setelah makan berat adalah Nanas Segarrrrr !!!, bayangin aja sepanjang pendakian gua udah ngidam banget dah sama ini nanas, yang banyak dibawa porter buat pendaki yang didampingin. Dengan kocek Rp.15.000,00 dan buat Nanas Rp.5000,00 gua jamin perutlu udah kenyang sekenyangkenyangnya.

image

Basecamp Senaru “Rumah Bapak Sa’ad”


Oh iya, disini juga lu bisa beli T-shirt, Emblem, Stiker, Gantungan kunci, dan segala pernak pernik Gunung Rinjani dengan harga yang relatif murah. Selain itu lu bisa juga pesen kopi lombok dan tembakau lombok sama bapak Sa’ad. Hehehee. Jangan sungkan becanda sama bapaknya, dia baik banget dah pokoknya.

image


Pak Sa’ad …

Akhirnya pendakian Gunung Rinjani tertunaikan, menikmati puncak tertinggi ke 3 di bumi pertiwi menjadi moment yang gak akan pernah gua lupakan, menjalin persahabatan dan keluarga yang saling menjaga dan membantu selama perjalanaan dan pendakian. Bertemu dengan orang-orang hebat yang senantiasa mau berusaha dan terus berdo’a menggapai puncaknya. 4 hari 3 malem telah dilewati bersama … dan sebenernya ini adalah awal dari cerita selanjutnya karna malam itu ke 4 pendekar hendak menjelajah pergi menuju Senggigi, sedangkan gua dan Rheza lanjut hingga Sumbawa …

image


Bakong, Olid, Rinjani, Aan, Ogut, Odi, Rheza, Ziyad, Otong …

image


Sagara Anak Familyes …

Thanks a lot to Allah SWT, Ayah dan Ibu, do’a sahabat, Rheza Surya, Olid, Bakong, Odi, Ziyad, Bang Aan, Bang Joshua, Robert, Egga, Bang Tung, Bang Ferry, Bang Fikri, Bang Iwan, Sahabat dari Bandung dan Tasik, Bang Oji dkk, bapak porter sang inspirator, Pak Sa’ad dan keluarga, Fadhilis Syakur dkk, dan buat semua yang udah baik sepanjang perjalanan dan pendakian, semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan panjang umur. Amin ya rabb.

Seeee u next trip and New Story brur !!!! From Sumbawa Nusa Tenggara Barat …


#RINJANI 3762 Mdpl …

Damage Cost :

Berangkat :

Bis SEMARANG - SOLO = 20.000

Kereta Api SRITANJUNG SOLO-BANYUWANGI 90.000

Ferry KETAPANG-GILIMANUK 6.500

Bus GILIMANUK-PADANGBAI 50.000

Ferry PADANGBAI-LEMBAR 40.000

Carter Elf LEMBAR-AIKMAL 50.000/orang

Angkutan Mobil Bak AIKMAL-SEMBALUN (harga fix dari sono, no nego) 20.000/orang

Biaya Pendaftaran 2.500

Total Cost Berangkat = Rp. 279.000

Pulang :


Carter Elf SENARU-MATARAM 35.000

Elf MATARAM-LEMBAR 25.000

Ferry LEMBAR-PADANGBAI 40.000

Carter elf PADANGBAI-UBUNG 40.000 “itupun kena calo”

Bus UBUNG-GILIMANUK 35.000

Ferry GILIMANUK-KETAPANG 6.500

Kereta Api SRITANJUNG BANYUWANGI-SOLO 50.000

Ojeg ke TERMINAL SOLO 15.000

Bus SAFARI SOLO-SEMARANG 20.000

Total = Rp. 266.500,00

Damage Cost Total = 266.500 + 279.000 = 545.500 …









36 komentar:

  1. Cerita bagus, bisa jadi sangu perjalanan saya selanjutnya. Terimakasih :)
    Denger2 anginnya dingin bgt ya? Kata temen sih gitu

    BalasHapus
  2. Alamdulillah kalau bermanfaat :) Siap-siap double jaket aja, suhu di Rinjani kadang suka ngawur . . . Good Luck.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha oke bang, thanks
      bawa jaket tebelnya 5cm

      Hapus
  3. WE OW WEE bener pemandangannya gan. mantap dahh. jadi tambah ngiler pengen kesana ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok mbak gabung klo kesana
      hehehe

      Hapus
  4. jaket merah itu di Puncak Rinjani. Marakke merinding ndes -_-"

    Magmadipa Jaya!!

    BalasHapus
  5. Salam kenal dari saya kang, saya Rafli Geologi 2012. :)

    BalasHapus
  6. Keren banget emang rinjani...semoga bisa diberi kesempatan untuk bisa kesana.aamiin

    BalasHapus
  7. Indonesia memang luar biasa
    Makin cinta indonesia

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. bang boleh mnta kontak nya???, mau nanya2 perjalanan ke rinjani nih, soalnya agustus ini rencana mau kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah saya juga rencana agustus ini mau kesana ..

      Hapus
  10. Minta kontaknya juga Insya Allah akhir september trip ke Rinjani tlg d smsin ya (081393785253)

    BalasHapus
  11. 085759931114, 29e5d328. Monggo. FB, line : Rafli Riandi Kusnadi

    BalasHapus
  12. langitnya keren paraah... pasir setannya berapa jam bang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasir setan yg mana ya... Hehehe. Ke puncak 4 jam. Tanjakan penyesalan berjamjam.

      Hapus
  13. artikel membantu banget gan,saya dan kawan2 brangkat besok 19 oktober,doakan smuanya lancar ga,minta doanya agan2 semua agar bisa sampai puncak dan pulang dwngan selamat,

    BalasHapus
  14. nice inpo mas bro, pingin banget ke sana, tapi naek motor dari Jepara. fisik mendukung apa gak ya ?

    BalasHapus
  15. kapan ke rinjani lagi mas dan mbak?
    aku mau gabung. gak ada temen pendaki dr madura

    BalasHapus
  16. Mas eko. Berangkat aja mas. Pasti ketemu temen :) ...

    BalasHapus
  17. wah,., kalo ke Rinjani lanjut ke Pulau Kenawa dech,., semoga aja bisa menang lomba blog pegipegi

    BalasHapus
  18. Ceritanya bagus bgt, seperti terbawa masuk ke dalam pengalaman lo, tadinya bingung mau ke Kerinci atau Rinjani, tp setelah membaca dan melihan foto di blog ini sepertinya Rinjadi lebih mempesona, okay fix ane ke sana juga gan hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua-duanya bagus, tapi recomended Rinjani sih. hahaha

      Hapus
  19. woww..kereen.. semoga nanti aku juga bisa ke rinjani ehehe btw kakak anak geologi undip ya? ada foto jaketnya ehehe

    BalasHapus
  20. Rico : Good Luck mas bro. Putri : Iya put Geologi Undip. hehehe

    BalasHapus
  21. ceritanya sangat mengesankan gan :)

    BalasHapus
  22. kece badai lah...dikira sya mahal bgt kalo kerinjani itu....kalo dr bandung kira2 berapa hari pp?

    BalasHapus
  23. Itu biaya murah banget yak, kalo sekarang habis berapa kira2..

    BalasHapus
  24. Seneng bacanya, terus menjelajah yah. Terim akasih banyak unutk informaasinya, brur.

    BalasHapus